Thursday, November 3, 2011

Ulasan Mengenai Aperture

Terjemahan umum dari aperture adalah bukaan diafragma. Namun karena kata "aperture" lebih banyak beredar di panduan maupun pedoman fotografi domestik maupun mancanegara daripada kata "bukaan diafragma", maka dengan ini penulis menyatakan untuk menggunakan kata "aperture" ketimbang "bukaan diafragma" untuk ulasan lebih lanjut.

Aperture adalah suatu besaran fotografi nonbaku yang menyatakan seberapa lebar terbukanya diafragma pada lensa. Semakin lebar diafragma terbuka, maka semakin besar pula cahaya yang masuk melalui lensa per satuan waktu. Gambar disamping merupakan mekanisme terbuka dan tertutupnya diafragma pada lensa.

Satuan besaran untuk aperture dilambangkan dengan prefix f/, misalnya f/4.0, f/5.6, f/8.0, dan lain lain. Tapi, angka aperture yang besar justru menyatakan kecilnya diafragma yang terbuka pada lensa. Artinya, lensa dengan f/4.0 akan membuka diafragma lebih lebar daripada lensa dengan f/5.6. Hal itu dikarenakan bilangan angka aperture yang sesungguhnya adalah sebuah pecahan, jadi f/5.6 secara kasar dapat disamakan dengan 1/5.6 dan f/4.0 juga secara kasar dapat disamakan (lebih tepatnya diibaratkan) sebagai 1/4.0. Tentunya bilangan pecahan 1/4.0 akan lebih besar dari 1/5.6 bukan? Apabila kita mengecilkan angka aperture (angka aperture, bukan diafragmanya) sebesar satu stop (satu tingkat), maka kemampuan mengumpulkan cahaya dari lensa bersangkutan akan bertambah dua kali lipatnya. Misalnya, lensa dengan f/4.0 memiliki kemampuan mengumpulkan cahaya dua kali lipat lebih besar dibanding lensa dengan f/5.6.


Lalu, dari mana angka-angka aperture itu berasal?
Angka aperture (f/1.0, f/2.8, f/4.0 dst...) adalah hasil dari perbandingan antara panjang fokus lensa (18mm, 55mm, dll) dengan diameter diafragma lensa (bukan diameter dudukan filter) dalam unit satuan milimeter. Misalnya, lensa 55mm f/5.6 memiliki diameter lensa sebagai berikut

55 : 5.6 = 9.8mm

Jadi, lensa dengan panjang fokus 55mm dan diameter diafragma 9.8mm akan memiliki aperture senilai f/5.6.

0 comments:

Post a Comment